Jumat

Dialog Bersama P2MKP, Kepala BRSDM Menitipkan Peran Pelatihan Kepada Para Pelaku Usaha


Kepala BRSDM Sjarief Widjaja dalam sambutannya menyebut, P2MKP ini beranggotakan para pelaku usaha baik secara individu atau kelompok yang sukses yang kemudian dengan sukarela membagi ilmu dan pengalaman bagi masyarakat yang membutuhkan. Aksi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas manusia Indonesia menjadi SDM unggul dan maju. Lebih jauh diharapkan terjadi peningkatan struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing.

“Tugas pemerintah salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka kami menitipkan peran pelatihan ini bukan hanya diselenggarakan oleh pemerintah tetapi juga dilakukan para pelaku usaha yang berhasil untuk mengangkat tingkat keterampilan, keahlian para pelaku usaha yang lain,” tuturnya.

“Guna mendorong pertumbuhan produksi untuk ketahanan pangan Indonesia sekaligus juga membuka lapangan kerja maka kami berinisiatif untuk menggerakkan program-program pelatihan bagi seluruh masyarakat kelautan dan perikanan,” lanjutnya.

Peningkatan kualitas SDM ini menurut Sjarief sangat krusial mengingat Indonesia telah meratifikasi The International Convention on Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW), di mana kapten, perwira, dan petugas penjaga di atas kapal harus memiliki sertifikat kompetensi. “Kita memberikan kesempatan kepada tenaga kerja kita untuk memiliki sertifikasi kompetensi,” tutupnya. (Sumber : kkp.go.id)